by

Ongkos Kapal Feri Akan Naik

Dalam sebuah makalah yang disampaikan kepada panel Transportasi Legco, para pejabat Star Ferry Company telah mengajukan izin untuk menaikkan tarif operasional lokal sekitar 16,5 persen, atau sebesar 30 hingga 50 sen untuk sekali perjalanan, Senin (16/12/2019).

Seperti diberitakan RTHK, jika makalah itu disetujui, perjalanan antara Tsim Sha Tsui dan Central atau Wan Chai mengunakan star ferry di geladak atas pada hari kerja akan dikenakan biaya HK $ 3,20, dan HK $ 4,20 selama akhir pekan serta hari libur nasional. Sedangkan biaya tiket bulanan akan menjadi HK $ 160, dimana sebelumnya hanya HK $135 perbulan.

Menurut laporan dari para pejabat itu, total pendapatan Star Ferry Company tahun lalu turun sekitar 1,8 persen atau sekitar HK $ 96 juta. Mereka mengatakan hal itu bisa disebabkan “karena terjadinya peristiwa sosial yang saat ini masih berlangsung”, operator feri melihat penurunan pelangan hampir 20 persen antara bulan Juli sampai Oktober ini.

Richard Choi dari Koalisi yang Memantau Transportasi Umum dan Utilitas mengatakan kepada Timmy Sung RTHK bahwa dia menentang kenaikan tarif yang tengah diusulkan, karena Hong Kong sedang menghadapi penurunan ekonomi, maka ini bukan waktu yang tepat untuk meminta masyarakat mengeluarkan biaya lebih banyak untuk transportasi.

Sebelumnya operator feri menaikkan tarif sekitar 9 persen pada 2017, tetapi perusahaan mengatakan pertumbuhan pendapatan hanya berlangsung satu tahun. Perusahaan mengatakan pendapatan sewa dari toko-toko dermaga juga turun tahun lalu.

News Feed