by

Mengenal “Red Market” Pasar Basah di Macau dengan Sejarahnya

Pasar Merah “Red Market” dengan nama lain Edificio do Mercado Vermelho atau Mercado Almirante Lacerda, merupakan pasar basah berlantai tiga yang terletak di persimpangan antara Avenida Almirante Lacerda dan Avenida Horta e Costa di Macau Peninsula. Pasar Merah adalah salah satu pasar yang terkenal di Macau (landmark lokal).

Bangunan Pasar Merah dirancang oleh Arsitek bernama Julio Alberto Basto tahun 1934 dan akhirnya berdiri pada tahun 1936, nama “Red Market” mengacu pada batu bata merah yang digunakan untuk konstruksi. Pemerintah Macau melindungi pasar ini sebagai bangunan bersejarah berdasarkan Dekrit No. 83/92/M.

Aktivitas perdagangan di dalam Red Market, Macau. Foto: Seneng Utami/Migran Pos

Dahulu Pasar Merah terletak di sebelah tepi laut tempat para penjual membeli barang- barangnya langsung dari dermaga. Berbagai macam hasil laut tersedia dua kali dalam sehari dari daratan Cina ataupun lokal. Di lantai tiga menjadi tempat penjualan daging sapi dan babi, di lantai dua khusus untuk penjualan ikan, sementara di lantai dasar menjadi tempat penjualan; sayur, buah, hasil unggas, makanan kering, produk yang mudah rusak dan bunga.

Pasar Merah buka setiap hari dari pukul 07:30 hingga pukul 19:30. Beberapa nomor Bus untuk bisa mencapai lokasi ini yaitu: 6, 9, 9A, 23, 28C, 32, N2.

News Feed