by

Asap Barbecue Lebih Berbahaya Dibanding Gas Airmata

Asap barbecue dianggap lebih berbahaya ketimbang gas airmata oleh pemerintah. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Kesejahteraan Hong Kong, Law Chi-kwong dalam rapat di parlemen, Rabu (4/12/2019).

Anggota Parlemen dari Partai Buruh, Fernando Cheung, mempertanyakan apakah pemerintah telah melakukan penilaian dalam rangka mengetahui apakah gas airmata mempengaruhi kesehataan seseorang [terutama disabilitas] dalam jangka panjang.

Dikutip dari RTHK, Rabu (4/12/2109), menjawab pertanyaan tersebut Sekretaris Kesejahteraan Hong Kong, Law Chi-kwong mengtakan gas air mata hanya menyebabkan iritasi kulit dan pernafasan ringan. Dirinya menambahkan demonstran yang membakar plastik merupakan penyebab terbesar beredarnya toxic dioxins di udara kota belakangan.

“dioxins yang dihasilkan oleh gas airmata, saya pikir minimal atau tidak ada berdasarkan literatur yang ada. Kenyataannya, jika dibandingkan dengan dioxin yang dihasilkan dari kegiatan barbecue, saya pikir tingkatnya sangat minimal,” ujar Law.

Lebih dari 10,000 gas airmata ditembakan oleh kepolisian sejak Juni lalu, kondisi demikian juga turut mempengaruhi demonstran, orang di jalanan, jurnalis, pun orang di sekolah, panti jompo, rumah sakit dan area perumahan.

Pemerintah mengatakan tidak dapat memerikan informasi terkait bahan kimia dalam gas airmata karena alasan operasional kepolisian.

News Feed