by

Pekerja Migran Indonesia Doa Bersama Untuk Kedamaian di Hong Kong

Selalu ada yang bisa dilakukan untuk bekrontribusi kepada kebaikan. Termasuk, menyikapi kondisi Hong Kong yang sedang dilanda kerusuhan politik dan sosial.


Hal itu pula yang ada dalam benak dan pikiran Imam Baihaqi. Alih-alih berkeluh kesah dan menggerutu, General Manager (GM) Dompet Dhuafa Hong Kong (DDHK) ini mengajak majelis-majelis taklim dan komunitas Indonesia di Negeri Beton berdoa bersama untuk hadirnya kembali kedamaian Hong Kong.


“Kita sebagai orang Indonesia yang saat ini sedang bekerja di Hong Kong menginginkan negeri ini bisa kembali normal seperti sedia kala. Kami berharap masing-masing pihak (pemerintah dan pengunjuk rasa anti-pemerintah) bisa segera berdamai. Saat ini kami hanya bisa membantu doa agar situasi bisa membaik,” kata Imam Baihaqi.


Secara khusus, pria yang baru setahun menjabat pimpinan DDHK ini juga menggandeng Ketua Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Hong Kong, Kistiawanto untuk juga mengimbau majelis-majelis anggota ranting NU agar melakukan hal yang sama. Melalui grup WhatsApp yang berisi para ketua majelis ranting NU Hong Kong, Kistiawanto menyampaikan pengumuman, menyikapi positif ajakan Imam Baihaqi.


“PCINU Hong Kong mengimbau ke semua majelis, mari kita berdoa, dengan membaca surotul-fatihah untuk kedamaian dan keamanan negeri Hong Kong,” tulisnya, di grup yang berisi puluhan ketua majelis taklim di Hong Kong.


Mengawali ajakan tersebut, doa bersama dilakukan di shelter Majelis Taklim Indonesia di Macau (Matim) pada Jumat (15/11/2019) malam. Doa bersama dipimpin oleh Dai Cordofa DDHK, Ustadz Muliadi. Acara itu digelar tepat beberapa jam setelah pada siangnya sekitar 4.000 orang Muslim dari berbagai etnis mengadakan doa khusus di Masjid Kowloon, Tsim Sha Tsui, untuk memohon kembalinya kedamaian Hong Kong.


Acara doa bersama tersebut digagas beberapa lembaga Islam di Negeri Beton, seperti The Incorporated Trustees of The Islamic Community Fund of Hong Kong, The Islamic Union of Hong Kong, The Chinese Muslim Cultural & Fraternal Association, Hong Kong Chinese Federation, dan Hong Kong Muslim Women Association.


Puluhan majelis taklim pekerja migran Indonesia (PMI) pun menggelar doa bersama, yang dilakukan sepanjang Sabtu hingga Jumat, 16-22 November 2019, diikuti PMI, sesuai hari libur mereka. Imam Baihaqi sendiri, pada hari Ahad (17/11/2019), menghadiri doa bersama untuk kedamaian dan keamanan Hong Kong di 2 tempat. Yakni, di majelis Ukhuwan Islamiyah Yuen Long dan majelis Bunda Muslimah Hang Hau.

News Feed