by

Anggota Parlemen Gagalkan Pidato Carrie Lam

Anggota parlemen dari kubu Pan Demokrat menggagalkan pidato kebijakan Carrie Lam, Chief Executive, di parlemen, Rabu (16/10/2019).


Sempat menyampaikan pidatonya beberapa saat di depan diruang sidang, namun yel-yel dari kelompok pan demokrat pada akhirnya menggagalkan pidato tersebut pada pukul 11 siang, hari ini.


Dilaporkan oleh RTHK, Rabu (16/10/2019), salah satu pendiri kubu pan demokrat, Tanya Chan mengatakan aksi mereka sengaja dilakukan karena memandang Carrie Lam sebagai penyebab gejolak sosial beberapa bulan terakhir serta dinilai tidak pantas untuk menjabat sebagai Chief Executive.


Kegaduhan diruang sidang tersebut menyebabkan Kepala Parlemen Hong Kong, Andrew Leung mengeluarkan anggota parlemen pan demokrat dari ruang sidang dan menghentikan persidangan.


Pada akhirnya Departemen Pelayanan Informasi mengumumkan bahwa Carrie Lam akan menyampaikan pidato kebijakannya melalui video.


Sementara itu usai sidang dihentikan, anggota parlemen kelompok pro pemerintah, Martin Liao mengutuk aksi kelompok pan demokrat dalam jumpa persnya yang mengatakan anggota parlemen kelompok pan demokrat telah melakukan “aksi kekerasan” dan upayanya menghentikan “pidato terpenting tahun ini”.


Sebelumnya dalam jumpa pers terpisah anggota parlemen pan demokrat mengatakan Carrie Lam tidak pantas untuk menjadi pimpinan Hong Kong.


Claudia Mo, anggota parlemen kelompok pan demokrat mengatakan Carrie Lam hanyalah “boneka” yang telah “menjual” Hong Kong.

News Feed