by

PMI Nobar Cuplikan SUSI

Dalam rangka memeriahkan Mid Autumn Festival, Think Young sebuah lembaga sosial yang bekerja sama dengan Kantor Serikat Eropa untuk Hong Kong dan Macau (European Union Office to Hong Kong and Macao) dan Hong Kong University (HKU) mengadakan acara nonton bareng cuplikan film “SUSI” di gedung CDP-3.04, Run Run Shaw Tower, Centennial Campus, Universitas Hong Kong, Minggu (15/09/2019).

Acara nobar yang dihadiri sekitar 120 orang tersebut hanya menampilkan beberapa bagian dan tidak mencakup keseluruhan cerita dalam film karena penggarapan SUSI yang konon terinspirasi dari kehidupan nyata PMI di Hong Kong belum selesai sepenuhnya.

Albi, salah satu anggota Think Young yang turut menggarap film menyampaikan kepada Migran Pos bahwa proses pembuatan film SUSI sebenarnya sudah berlangsung dua tahun.

Menurut Albi kegiatan nobar ditujukan untuk tiga hal yaitu untuk menyaksikan cuplikan film, untuk diskusi karena ada sesi dimana panelis dan para peserta yang hadir diminta menilai film sekaligus memberi feedback terhadap bagian film yang telah ditonton, dan untuk menjalin keakraban di antara mereka yang datang.

Ju Chen, salah satu panelis dari fellow Institute of Future Cities, CUHK, menyampaikan bahwa ia mengapresiasi pembuatan film “SUSI”, tetapi ia juga menyarankan kepada pembuat film tersebut agar cuplikan alur cerita yang ditayangkan jangan hanya menyuguhkan kesedihan atau kegagalan, tetapi akan ada baiknya jika jalan ceritanya menceritakan sesuatu yang bahagia juga atau menampilkan semangat juang pekerja migran.

Siti, salah satu peserta nobar yang mengaku mahasiswi Universitas Terbuka jurusan hukum mengatakan dirinya hadir karena selain ingin mengikuti acara nobar film juga ingin menambah pengetahuan dan pengalaman dari acara yang diikutinya.

News Feed