by

Malam Ini Hong Kong Akan Diwarnai Lentera dan Rantai Manusia

Sebagian Warga Hong Kong akan merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur malam ini dengan makan-makan dan jalan bersama keluarganya, sementara sebagian lainnya akan merayakannya dengan menggabungkan aksi unjuk rasa dan perayaan tahunan tersebut dalam bentuk ‘demontrasi rantai manusia pembawa lentera’ di puncak Victoria Park dan Lion Rock, Jumat (13/9/2019).

Melalui laman resminya, panitia meminta peserta untuk menulis tuntutan demonstran pada lentera yang dibawanya ketika membentuk rantai di kedua puncak tertinggi Hong Kong. Tindakan serupa juga diusulkan kepada warga yang akan bermain lampion di taman-taman di distrik lain, termasuk Tuen Mun, Tiu Keng Leng dan Tsing Yi.

Menurut sejarahnya, Festival Kue Bulan memiliki sejarah aksi pemberontakan sebagaimana gerakan anti-ekstradisi. Selama pemerintahan Dinasti Yuan,Han menaruh pesan tersembunyi di dalam kue bulan untuk mengumpulkan sekutu dan bersama-sama memberontak melawan bangsa Mongol pada hari diadakannya festival. Oleh karena itu para demonstran anti-ekstradisi Hong Kong terinspirasi untuk menghidupkan kembali dan memaknasi Festival Kue Bulan tahun ini dengan cara berbeda seperti apa yang terjadi ratusan tahun lalu.

Selain perayaan festival kue bulan, para pengunjuk rasa melalaui media sosial juga menyerukan “uji tekanan” lain pada sistem transportasi ke Bandara Internasional Hong Kong dari hari ini, Jumat (13/9) hingga hari Minggu (15/9).

Sementara itu Front Hak Asasi Manusia Sipil telah merencanakan untuk mengadakan demonstrasi dan pertemuan lain pada hari Minggu (15/9), di Lockhart Road, East Point Road, dan Great George Street di Causeway Bay, diikuti dengan aksi berjalan ke kawasan pejalan kaki Chater Road. Tetapi rencana tersebut tidak mendapatkan izin polisi dengan alasan masalah keamanan publik. Front telah mengajukan banding dan hasilnya akan diumumkan hari ini.

News Feed