by

Lagi! PMI Hong Kong Kabur di Shenzen

Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) bernama Rizka NK asal Ds Tambak Baya, Jawa Barat, dilaporkan sebagai orang hilang ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong karena kabur saat mengikuti tur di Shenzen pada hari Minggu lalu (8/9/2019).

Menurut kronologi kejadian yang disampaikan pihak Hotline Travel Services Ltd kepada Migran Pos, pihak agen menerima pendaftaran untuk traveling ke Shenzen atas nama Rizka yang dari kontrak kerja diketahui bekerja di Tseung Kwan O, pada tanggal 1 September melalui WhatsApp +6285703173616. Pada hari Sabtu, tanggal 7 September, untuk keperluan proses pembuatan visa grup untuk masuk ke wilayah China dan pembelian travel asuransi, nomor tersebut dimasukkan ke grup.

Pada hari Minggu (8/9), sekitar jam 9 pagi, semua peserta tur sudah melalui pemeriksaan Imigrasi China tanpa ada masalah dan menuju bus tur. Saat pendamping menghitung kembali peserta yang sudah berada di dalam bus, disadari kalau peserta berkurang satu yaitu Rizka.

“Saat disadari Rizka tidak ada, pegawai yang bertugas mendampingi peserta tur langsung mencarinya dan melapor kepada petugas keamanan di area Imigrasi. Ketika dicek dari kamera CCTV diketahui saat keluar dari gedung Imigrasi, Rizki tidak mengikuti teman-temannya ke bus, tapi dia malah naik taxi untuk meninggalkan area tersebut,” ujar Yani yang mewakili pihak travel melapor ke KJRI kepada Migran Pos, Rabu (11/9/2019).

Menurut Yani, sebagai bentuk tanggung jawab, pihak travel sudah menindaklanjuti kasus kaburnya salah satu peserta tur tersebut dengan melaporkan ke pihak Kepolisian Hong Kong, Kepolisian China, dan KJRI Hong Kong.

Migran Pos sudah mengubungi KJRI Hong Kong untuk konfirmasi, KJRI membenarkan kalau pihaknya sudah menerima laporan perihal orang hilang dari agen travel bersangkutan.

Comment

News Feed