by

BJ Habibie, Presiden RI ke-3 Meninggal Dunia

Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden ketiga Republik Indonesia, meninggal dunia pada usia 83 tahun, hari ini jam 18.03 WIB, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Seperti dikutip dari berbagai media di Indonesia, putra Presiden ke-3 RI Bacharudin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengonfirmasi meninggalnya sang ayah akibat penyakit yang dideritanya

“Saya harus menyampaikan ini, bahwa Ayah saya, Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, meninggal dunia pada pukul 18.05,” kata Thareq, Rabu (11/09/19).

Diketahui, Habibie dirawat di ruang Cerebro Intensive Care Unit (CICU) Paviliun Kartika RSPAD sejak 1 September 2019. Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof. dr. Azis Rani melalui keterangan resmi pada hari Senin (9/9) menyebutkan Habibie telah ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

“Jantungnya sudah berhenti beraktivitas, seperti yang saya bilang. Karena umur dan aktivitas yang banyak,” ujar Thareq.

Habibie meninggalkan dua anak, yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Sementara istrinya, Hasri Ainun Besari telah meninggal dunia pada 2010 di Jerman.

Secara terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, pihak istana sudah berkoordinasi dengan Garnisun TNI untuk mengatur upacara Pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut secara kemiliteran. Meski demikian, Pratikno belum dapat memastikan kapan tepatnya upacara pemakaman militer itu akan digelar.

Selain itu melalui surat resmi, Sekertaris Negara meminta semua masyarakat Indonesia dan segenap intansi baik di Indonesia pun luar negeri untuk memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada putra terbaik bangsa kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu dengan mengibarkan Bendera Negara setengah tiang selama 3 (tiga) hari berturut-turut terhitung mulai tanggal 12 September 2019 sampai dengan 14 September 2019.

Comment

News Feed