by

Puluhan PMI Ikuti Program ‘Kampung Korea’

Puluhan pekerja migran Indonesia (PMI) yang berada di Korea Selatan mengikuti program Kampung Korea Gelombang II yang berlangsung di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul pada hari Minggu (25/8/2019).

Dilansir dari laman resmi KBRI Seoul, Kampung Korea merupakan singkatan dari Kami Mantap Pulang dari Korea, merupakan inovasi KBRI Seoul untuk pembinaan dan memberdayakan PMI di Korsel agar PMI siap untuk kembali ke tanah air. Program tersebut memuat program pelatihan terpadu dan diadakan di berbagai kantong-kantong PMI di Korsel dan dilanjutkan hingga ke kampung halaman masing-masing.

Dalam sambutan pembukaan acara, Dubes Umar Hadi menyampaikan bahwa program Kampung Korea berangkat dari potensi para PMI Korsel yang bermental berani, memiliki cita-cita, dan menguasai informasi. Untuk membangun potensi  para PMI Korsel, program Kampung Korea akan membekali para PMI dengan berbagai program keterampilan, kewirausahaan, dan motivasi agar mantap berkarya saat kembali ke Indonesia.

Program kelompok belajar tersebut direncanakan akan berlangsung selama 4.5 bulan. Di mana pertemuannya akan dilaksanakan 1 kali dalam 1 bulan baik dalam bentuk kelas gabungan maupun kelas terpisah.

Pemateri pada kelas pertama kelompok belajar adalah Hilmy dan Reza, kedua pria dari Indonesia Investment Promotion Center yang memaparkan tentang “Cara Kerja Uang”. Kemudian pada sesi selanjutnya dipandu oleh Wulan Ayodya, seorang pengusaha perempuan dan pendiri Lembaga UKMKU, yang memberikan materi tentang “Membangun Mindset dan Menjadi Wirausaha di Era Digital”.

“Saya ikut program ini karena ingin buka wawasan untuk mengembangkan potensi kampung halaman saya di Lampung”, kata Dodi PMI Korsel yang sudah bekerja selama 3 tahun dan mengikuti program Kampung Korea.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Nila yang mengaku ingin membangun komunitas dan mengembangkan daerah asalnya di Makassar.

News Feed