by

Presiden Jokowi Pamit Pindahkan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan

Dalam pidato Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-74, di hadapan para anggota dewan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta izin ke Parlemen untuk merealisasikan pemindahan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan, Jumat (16/08/2019).

Pernyataan tersebut disampaikan saat pidato di sidang tahunan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Komplek Senayan, Jakarta.

“Pada kesempatan yang bersejarah ini, dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungam dari bapak, ibu, anggota dewan yang terhormat, para sesepuh dan para tokoh bangsa, terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya minta izin, untuk memindahkan Ibu kota negara kita ke pulau Kalimantan,” kata jokowi, dalam pidatonya, Jumat (16/08/2019).

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa tujuan pemindahan Ibu Kota untuk pemerataan ekonomi dan visi Indonesia maju.

“Pemindahan Ibu Kota bukan hanya simbol  Identitas bangsa, tapi juga representasi kemajuan bangsa ini, demi pemerataan dan keadilan ekonomi, demi visi Indonesia maju, Indonesia yang hidup selama-lamanya,” tutur Jokowi. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi belum menyebutkan di titik lokasi mana Ibu Kota yang baru akan dipindahkan.

Sebelumya, pada Selasa (30/07/2019) lalu, saat kunjungan  di kawasan wisata The Kaldera, Toba Nomadic Escape, kecamatan Ajibata, kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Jokowi pernah menjanjikan bahwa pengumuman mengenai lokasi pemindahan Ibu Kota  akan disampaikan pasa bulan Agustus.

News Feed