by

Dewan Konsumen: Makanan Vegetarian Tidak Selalu Sehat

Dewan Konsumen Hong Kong telah mengeluarkan peringatan bahwa beberapa vegetarian mungkin akan mengalami dan rentan sakit perut karena beberapa produk daging vegan yang dijual di Hong Kong mengandung produk hewani, Kamis (15/8/2019).

Dilansir dari RTHK, Dewan mengatakan empat dari 35 produk daging tiruan yang diperiksa dan dijual sebagai pilihan alternatif bagi mereka yang ingin tetap vegetarian tetapi tidak ingin melewatkan hidangan yang biasanya dibuat dengan daging, ternyata berisi bahan-bahan hewani yang tidak tercantum dalam daftar bahan. Bahkan sekitar 60 persen juga ditemukan mengandung sodium tinggi.

Satu produk yang disebut bola ikan “Saturday” misalnya, mengklaim adalah vegetarian lacto-ovo, yang berarti hanya mengandung telur dan bahan-bahan susu di dalamnya. Tetapi ketika dites, peneliti menemukan jejak ikan dan babi di dalamnya.

Menurut Dewan Pengawas, tidak ada produk yang sepenuhnya mematuhi aturan label nutrisi. Kadar lemak satu sampel bisa delapan kali lebih tinggi dari apa yang tertulis di labelnya.

Juru bicara dewan pengawas, Clement Chan, mengatakan mereka telah berbicara dengan beberapa produsen tentang hasil temuan mereka.

“Kami membuat catatan yang sangat serius, meminta dan mendesak produsen untuk lebih serius dan berhati-hati pada pengemasan dalam memasang daftar bahan yang akurat pada kemasan. Karena kalau tidak melakukan itu, mereka sebenarnya telah melanggar undang-undang yang relevan,” kata Chan seperti dikutip RTHK.

News Feed