by

Topan Wipha Akan Menyapa Hong Kong Hari Ini

Observatorium Hong Kong (HKO) mengumumkan prediksi cuaca per jam 9:40 pagi ini, Rabu (31/7/2019) bahwa signal angin akan menjadi T8 pada sekitar jam 2 siang hingga jam 2 malam karena Topan Wipha sudah terlihat mendekati wilayah Hong Kong.

Dilansir dari laman resmi HKO, dalam beberapa jam terakhir, Topan Wipha yang akan menjadi topan pertama yang menyapa Hong Kong tahun ini telah mengadopsi jalur yang lebih ke utara. Menurut jalur perkiraan saat ini, Topan Wipha sudah beringsut mendekati wilayah lepas pantai Hong Kong.

Kecepatan angin yang berada sekitar 300 kilometer di arah barat daya akan membuat angin lokal menguat. Observatorium akan mempertimbangkan penerbitan Gale atau Storm Signal, No. 8 antara jam 2 siang hingga jam 2 malam.

Rainbands yang terkait dengan Wipha akan membawa hujan lebat dan badai di beberapa wilayah Hong Kong. Maka HKO mengimbau masyarakat agar menjauh dari garis pantai dan daerah dataran rendah, dan tidak terlibat dalam olahraga air demi keselamatan.

Menurut sejarahnya Topan Wipha yang berasal dari Filipina juga bernama lain Typhoon Goring pertama kali diidentifikasi oleh Joint Typhoon Warning Centre (JTWC) pada 13 September 2007.

News Feed