by

Ratusan PMI Hadiri Pelepasan Puluhan Jamah Haji Indonesia di Hong Kong

Ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) menghadiri acara Walimatus Safar atau yang lebih umum dikenal dengan pesta pelepasan calon jamaah haji yang diadakan oleh AIR 1 Travel dan dilaksanakan di gedung Sup Tower, King Road, Tin Hau, Hong Kong. Minggu (28/07/19).

“Kan dari calon jamaah itu mengundang teman-temannya, jadi total ada 500-an orang yang hadir pada sore ini,” kata Nia Ismoyo selaku panitia acara yang dimaksudkan untuk sesi berpamitan para jamaah haji pada sanak saudara sebelum berangkat menunaikan ibadahnya ke tanah suci.

Nia mengatakan tahun ini ada sebanyak 76 calon jamaah haji indoneisa yang akan berangkat pada 2 agustus 2019 mendatang, dan sebagian banyak adalah PMI.

“76 orang itu semua orang indonesia, kalau ada yang dari Pakistan lain lagi, kalau Untuk PMI sendiri ada 61 orang,” kata Nia kepada Migran Pos.

Menurut Nia, mayoritas para PMI yang ingin menunaikan ibadah haji adalah PMI yang telah lama bekerja di Hong Kong.

“Mayoritas mereka yang mau berangkat itu sudah 10 tahun di Hong Kong. Dan untuk tahun ini harganya, paket A HK$ 39.000, paket B HK$ 45.000, dan mayoritas dari PMI ikut yang paket A.”

Pada acara yang berlangsung dari jam 2.30 hingga jam 6 sore itu, Nia juga menyatakan alasan kenapa para PMI memilih untuk berangkat dari Hong Kong dari pada berangkat dari Indonesia.

“Hong kong menurut saya lebih simple: satu lebih murah, dua kita tanpa menungu lama. Ketika sudah punya biaya, kita bisa langsung berangkat, karena keberangkatan itu kita sendiri yang menentukan. Kalau kita bisa nyicil satu dua tahun, kita sudah bisa berangkat. Kalau di Indonesia, kan minimal 15 tahun,” pungkas Nia.

News Feed