by

DH akan Luncurkan Program Vaksinasi Campak Gratis untuk PRT Migran

Pusat Perlindungan Kesehatan (CHP) dari Departemen Kesehatan Hong Kong (DH) pada tangal 12 Juli telah mengumumkan adanya program vaksinasi campak gratis untuk kelompok tertentu, yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap campak.
 
Menurut pernyataan DH melalui siaran medianya, sasaran vaksinasi adalah orang-orang dewasa yang rentan terjangkit campak.
 
“Di bawah Program Vaksinasi Campak 2019, vaksinasi campak akan diberikan secara gratis kepada tiga kelompok sasaran, yakni petugas kesehatan, staf bandara dan pekerja rumah tangga (PRT) migran yang bekerja di Hong Kong,” kata juru bicara DH.
 
Mempertimbangkan pengalaman wabah campak di Bandara Internasional Hong Kong (HKIA) yang terjadi antara Maret dan Mei tahun ini serta situasi global terkait wabah campak, DH telah mengadakan vaksin campak tambahan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan memastikan pasokan tetap vaksin campak untuk Program Imunisasi Anak Hong Kong. Mengambil referensi dari prinsip-prinsip panduan terbaru SCVPD dan rekomendasi vaksinasi sebelumnya untuk petugas kesehatan, DH berharap percobaan vaksinasi sekali pakai akan lebih meningkatkan kekebalan tubuh dan mengeliminasi campak dari Hong Kong sebagaimana diverifikasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ).
  
Khususnya, untuk petugas layanan kesehatan dan staf bandara, DH akan terus bekerja sama dengan Otoritas Rumah Sakit (HA) dan Otoritas Bandara sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan selama wabah campak sebelumnya di HKIA, dan memberikan vaksinasi campak kepada petugas kesehatan (termasuk mereka yang bekerja di DH, departemen pemerintah lainnya dan HA) dan staf bandara yang tidak kebal terhadap campak.

Program mop-up juga mencakup petugas kesehatan di rumah sakit swasta. Mengenai pemberian vaksinasi campak kepada PRT Migran yang bekerja di Hong Kong, DH telah bekerja sama dengan kantor dan organisasi konsulat terkait tentang pengaturan tersebut.
 
Vaksin Measles, Mumps and Rubella (MMR) yang akan digunakan dalam program sapu bersih juga dibeli oleh Pemerintah Daerah Administratif Khusus Hong Kong pada bulan April lalu dari salah satu pemasok vaksin MMR terdaftar di Hong Kong, Merck Sharp & Dohme ( Asia) Ltd (MSD). Vaksin ini dialokasikan ke pasar Hong Kong dari pasar lain di tengah terbatasnya pasokan vaksin MMR di seluruh dunia. Meskipun diproduksi oleh produsen yang sama dengan formula induk yang sama dan spesifikasi produk jadi seperti vaksin MMR yang terdaftar oleh MSD di Hong Kong, pengemasan vaksin ini diberi label dalam bahasa Spanyol.
 
SCVPD dalam pertemuan sebelumnya merumuskan tiga prinsip panduan berikut setelah meninjau situasi global dan lokal terhadap campak, profil kekebalan populasi, rekomendasi WHO dan praktik di luar negeri.
 
Perhatian khusus akan diberikan kepada para pelancong internasional dan PRT Migran (terutama PRT Filipina yang bekerja di Hong Kong) yang dianggap memiliki risiko yang relatif lebih tinggi untuk memperoleh campak berdasarkan epidemiologi campak dalam beberapa tahun terakhir.

News Feed