by

Gedung Merah: Jejak Sejarah Inggris di Teluk Quarry

Woodside biodiversity yang juga dikenal sebagai Gedung Merah, merupakan salah satu bangunan bersejarah di Hong Kong yang telah direvitalisasi menjadi pusat pendidikan yang berspesialisasi dalam keanekaragaman hayati.

Bangunan di atas bukit yang menghadap ke area Teluk Quarry tersebut terbuat dari bata merah dan dibangun pada tahun 1920-an. Awalnya merupakan kompleks kediaman staf senior Pabrik Gula Taikoo, Inggris. Namun setelah penutupan kilang, bangunan itu kemudian menjadi milik Pemerintah Hong Kong pada tahun 1976, dan sebelum dipugar dari tahun 1985 hingga 2001 bangunan tersebut disewakan ke Institut Urusan Budaya untuk acara pameran dan konser.

Woodside biodiversity sebenarnya merupakan satu-satunya gedung yang tersisa dari sebuah kompleks besar yang oleh dunia sudah diakui sebagai bangunan bersejarah Kelas II pada tahun 1998.

Sebagai bangunan bersejarah yang banyak dikunjungi wisatawan, tempat yang beralamat di 50 Mount Parker Road, Quarry Bay ini memiliki tiga galeri pameran di lantai dasar yang digunakan untuk memamerkan keindahan lingkungan alam dan satwa liar khas Hong Kong.  

Galeri pertama memperkenalkan fungsi dan nilai-nilai keanekaragaman hayati dengan film definisi tinggi yang menampilkan beragam spesies hewan dan tumbuhan yang pernah ditemukan di Hong Kong.  

Galeri kedua terdiri dari empat bagian yang meliputi hutan, sungai dan aliran, lingkungan laut dan hutan bakau. Di galeri ini pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang hubungan erat antara habitat dan keanekaragaman spesies melalui panel layar, klip video dan permainan interaktif.  Spesimen hidup dari spesies asli seperti katak pohon Romer, kadal Hong Kong, kepiting fiddler dan mudskipper juga ditampilkan agar pengunjung bisa mengamati binatang tersebut secara dekat.

Sedangkan galeri ketiga khusus untuk menampilkan contoh-contoh studi ekologi dan pekerjaan konservasi alam di Hong Kong.

Foto: Imroatul Musafaah / Migran Pos

Bagi Sobat Migran Pos yang berminat mengunjungi tempat ini untuk wisata sejarah sekaligus belajar tentang alam Hong Kong dan isinya, jam buka Exhibition gallery dimulai  jam 9.30 pagi sampai 4.30 sore, setiap hari, kecuali hari Selasa dan dua hari pertama di Tahun Baru Imlek.

Sedangkan untuk taman di luar gedung sudah dibuka mulai pukul 06:00 pagi  hingga 06:00 sore, setiap hari, sepanjang tahun.

Oh ya, tidak ada biaya tiket untuk masuk ke Gedung Merah ini loh. Jadi Sobat Migran Pos bisa datang berkunjung kapanpun, beramai-ramai dengan mengajak teman sekampung.

Untuk menuju ke Gedung Merah, Sobat Migran Pos bisa menggunakan City bus nomor 71, 85, 99, NWFB nomor 2, 2A, 18X, 81, 82, 82X. Atau bisa juga dengan tunel bus nomor 102, 106, 116, 606, 682 dan Green mini bus nomor 33, 69.

Jika Sobat Migran Pos ingin menggunakan transportasi MTR bisa turun di station Quarry Bay atau Taikoo kemudian jalan kaki mengikuti petunjuk arah menuju Woodside biodiversity yang berada tepat di sisi gunung, di belakang Pasar Quarry Bay.

News Feed