by

Puluhan PMI Ikuti Training Paralegal Movers

Puluhan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terdiri dari konselor paralegal, anggota organisai dan individu mengikuti training yang diselenggarakan mission volunteers atau Movers di Hong Kong University, Minggu (30/7/2019).

Training yang fokus pada materi tentang ‘pengambilan dokumen yang ditahan PJTKI’ dan ‘penanganan kasus human trafficking’ tersebut dibawakan oleh Ketua Kabar Bumi Karsiwen dan Devisi Advokasi Kabar Bumi Erwiana.

“Kunci untuk menjadi paralegal dan mendampingi klien atau teman-teman berkasus hanya satu, yaitu berani!” kata Karsiwen kepada peserta yang hadir, Minggu (30/7/2019).

Menurut Karsiwen selain keberanian paralegal yang dibutuhkan untuk menumbuhkan semangat dan keberanian orang berkasus yang didampingi, pemahaman undang-undang dan hukum juga tidak kalah pentingnya untuk menentukan langkah-langkah dan strategi yang mesti diambil dalam penyelesaian kasus.

Peserta training tidak hanya mendapatkan materi yang merupakan rangkuman pengalaman Kabar Bumi dalam pendampingan dan penyelesaian kasus tapi juga bisa berbagi pengalaman dan tanya jawab seputar hukum baik di Hong Kong pun di Indonesia yang tentunya berbeda.

Comment

News Feed