by

Port Island (Chek Chau), Pulau dengan bebatuan merah

Bagi sobat Migran Pos yang suka berpetualang, Port Island atau Chek Chau (Cina: 赤 洲) adalah sebuah pulau, di bawah administrasi Distrik Tai Po, yang terletak di Tolo Channel, di timur laut New Territories, Hong Kong ini bisa menjadi tempat berpetualang selanjutnya. Namanya secara harfiah berarti pulau merah; setelah batuan sedimen kaya akan zat besi yang membentuk pulau ini membeku beberapa juta tahun yang lalu.

Port Island telah ditetapkan sebagai Site of Special Scientific Interest (SSSI) sejak 1979, SSSI adalah area khusus untuk melindungi satwa liar, habitat dan fitur geografis berdasarkan minat ilmiah di Hong Kong . Minat ilmiah adalah fitur khusus yang berkaitan dengan kehidupan hewan, kehidupan tanaman, geologi atau geografi.

Setelah diidentifikasi oleh Departemen Pertanian, Perikanan dan Konservasi , area-area ini didokumentasikan oleh Departemen Perencanaan dan ditambahkan ke peta. Dari tahun 1975 hingga 2005, 67 lokasi ditetapkan sebagai SSSI di seluruh Hong Kong.

Berlokasi dipintu masuk Pelabuhan Tolo di Tai Po, Port Island menghadap ke Pulau Tap Mun bagian selatan. Pulau yang tidak berpenghuni ini mungkin tampak sepi dan tandus, tetapi merupakan pintu gerbang menuju Pelabuhan Tolo karena merupakan jalan strategis menuju Tolo Channel.

Seperti nama Cinanya, Chek Chau menyiratkan, Port Island adalah tempat bumi merah. Tanah di seluruh pulau ini adalah batulanau berwarna karat, batuan sedimen yang utamanya tersusun atas partikel-partikel berukuran lanau, yang terbentuk dimana air, angin, atau endapan es membawa material berukuran lanau dan kemudian terakumulasi, terpadatkan dan tersementasi menjadi batuan.

Dari Wong Chuk Kok Hoi ke Hung Shek Mun, melewati Tsat Shue Wan, Cheung Tsui ke Hung Pai, itu adalah domain megah dari puncak merah, tanah berkarat, tanah merah dan pohon-pohon hijau. Pemandangan luar biasa ini dikenal sebagai “Danxia Wonder at Sea” yang dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2010, dimana endapan di delta estuara terbentuk sekitar 400 juta tahun yang lalu, yang dulunya horizontal kini menjadi vertikal karena pengaruh gerakan geologis.

Cara menuju ke tempat ini; dari MTR stasiun University keluar B dan naik taksi ke Dermaga Ma Liu Shui, Sha Tin. Naik kapal feri ke Tolo Channel.
Jam layanan feri dari Ma Liu Shui – 8:30 pagi dan 3 sore setiap hari; layanan tambahan pukul 12.30 siang di akhir pekan dan hari libur nasional saja. Dari Lai Chi Chong – 11:40 dan 18:00 setiap hari; layanan tambahan 14:15 pada akhir pekan dan hari libur nasional saja.

News Feed