by

PMI Kuliah Sambil Kerja

Ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hong Kong, yang menjadi mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Indonesia, dengan sistem pendidikan Unit Pembelajaran Berskala Jarak Jauh (UPBJJ) Layanan Luar Negeri – Pokjar HK mengikuti ujian akhir semester di Olympics House, Causeway Bay (23/6/2019).

Dengan keterbatasan waktu istirahat, karena bekerja di rumah majikan dari pagi sampai malam, membuat PMI tidak memiliki banyak pilihan untuk mengembangkan diri. Hanya di saat hari libur, PMI mendapat sedikit kebebasan, untuk beristirahat dan belajar sesuai bidang yang mereka minati.

Salah satu PMI yang memanfaatkan waktu istirahat dan hari liburanya untuk belajar di UT-HK adalah Tri Wahyuningsih. Mahasiswi yang mengambil jurusan hukum di Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FHISIP-UT) ini meski berusia 39 tahun, tidak membuat niatnya surut untuk meraih cita-cita yang dia harapkan.

“setelah mejadi sarjana hukum, saya berencana mengikuti ujian advokat agar bisa menjadi pengacara, untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam financial ketika mengalami ketidakadilan, dan memberikan penyuluhan kepada penduduk desa yang awam terhadap hukum” jelas Tri Wahyuningsih yang kini sudah semester 7 dengan semangat.

Harapan semacam itu juga disampaikan oleh Zainul Inayah, mahasiswi semester 2 jurusan administrasi bisnis yang memiliki keterbatasan waktu belajar, namun tetap semangat untuk memperbaiki masa depan.

Ujian itu berlangsung lancar, yang membuat Agung Sastrawan Putra sebagai Kepala Pusat Bantuan Belajar yang menjadi wakil UT untuk mengawasi, kagum dengan semangat dan ketertipan PMI. “keberanian PMI untuk memperbaiki diri, di tengah keterbatasan adalah modal untuk maju di era globalisasi, dimana setiap indifidu berperan pada skala tertentu untuk kemajuan bangsa” jelasnya kepada Migran Pos disela-sela mengawas.

Saat ini Pokjar HK, yang lebih dikenal sebagai Campus Migran Indonesia Community (CMIC) juga telah membuka Program Pascasarjana S2, dimana cara belajarnya hampir sama dengan S1 yang memiliki waktu belajar fleksibel, dan mudah diakses dengan handphone yang tersambung ke internet.

News Feed