by

Cara Membaca Sinyal Peringatan Cuaca di Hong Kong

Cuaca Hong Kong di bulan Mei hingga November biasanya tidak menentu dan rentan badai. Pada beberapa bulan tersebut, Observatorium Hong Kong akan selalu mempublikasikan bermacam sinyal peringatan cuaca untuk memberitahukan perkembangan cuaca terbaru kepada publik.

Meskipun pada praktiknya cuaca tidak dapat disimpulkan hanya berdasarkan sinyal yang telah diumumkan dan masih harus menyesuaikan dengan wilayah keberadaan seseorang, tidak ada salahnya untuk Sobat Migran Pos sekadar belajar membaca dan memahami sinyal atau minimal tahu kode cuaca. Karena pasti akan berguna terutama di bulan-bulan yang identik dengan hujan badai dan Angin Topan.

Berikut daftar sinyal yang biasanya Sobat Migran Pos temui di TV, Radio dan tempat-tempat umum melalui layar pengumuman (MTR Stasiun, Bus Terminus, Minibus Terminus, dll) yang menjadi sangat penting untuk diperhatikan dan dipahami demi keselamatan Anda.



T1 Standby atau Siaga

Jika Anda melihat sinyal T1 artinya sedang ada Topan yang berpusat sekira 800 kilometer dari wilayah Hong Kong dan nantinya dapat mempengaruhi Hong Kong serta menyebabkan angin kencang bertiup di atas perairan lepas pantai.

Aktivitas bisa Anda lakukan seperti biasanya tapi tetap waspada kalau-kalau sinyal cuaca berubah memburuk.

T3 Strong Wind atau Angin Kencang

Sinyal ini menandakan adanya Angin kencang yang bertiup secara menyeluruh di kawasan Hong Kong, terutama di dekat permukaan laut, dan kondisi angin diperkirakan akan terus berlanjut atau bertahan lama.

Aktivitas Anda bisa tetap berjalan tapi diusahakan jangan berada di tempat yang terbuka dan riskan kecelakaan.

∆ 8NE

Sinyal ini untuk menunjukkan Gale atau angin badai yang diperkirakan  bertiup secara merata di Hong Kong yang dekat permukaan laut dari kuadran NE (northeast)
atau arah sebelah timur laut dan kondisi angin diperkirakan akan bertahan lama.

Hati-hati dan jaga diri. Hindari tempat terbuka yang rentan benda jatuh pun barang ambruk yang bisa menyebabkan kecelakaan.

∆8NW

Ini sinyal angin badai yang diperkirakan bertiup secara menyeluruh di Hong Kong, terutama dekat permukaan laut dari arah NW (northwest) atau barat laut dan kondisi angin ini diperkirakan akan bertahan lama.

Hati-hati dan jaga diri. Hindari tempat terbuka yang rentan benda jatuh pun barang ambruk yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

∆8SE

Sinyal ini untuk Angin badai yang diperkirakan  bertiup secara luas di Hong Kong, terutama di dekat permukaan laut dari arah SE (southeast) atau tenggara, dan kondisi angin diperkirakan akan bertahan lama.

Hati-hati dan jaga diri. Hindari tempat terbuka yang rentan benda jatuh pun barang ambruk karena bisa menjadi penyebab kecelakaan.

∆8SW

Sinyal ini untuk angin badai yang diperkirakan bertiup dari arah SW (south west) atau barat daya, dan kondisi angin diperkirakan akan bertahan lama. Waspada dan hati dalam tiap aktivitas yang Anda lakukan. Hati-hati dan jaga diri.

Hindari tempat terbuka yang rentan benda jatuh pun barang ambruk, sangat berbahaya.

∆9

Sinyal ini untuk Gale atau angin badai yang berbahaya dan diperkirakan akan terus meningkat secara signifikan kekuatan tiupan anginnya.

Anda harus menghentikan semua aktivitas di luar rumah dan ruang terbuka. Keselamatan Anda harus Anda jaga sendiri.

+10

Sinyal ini sebagai penunjuk Hurricane-force winds atau Angin Topan Berbadai yang sangat berbahaya dan bertiup mendekati permukaan laut di Hong Kong. Mata  atau pusat angin topan yang memakai kode ini kemungkinan lewat sangat dekat atau langsung tepat di wilayah Hong Kong.

Bukan hanya aktivitas Anda, semua aktivitas publik di Hong Kong pun secara otomatis akan  dihentikan total hingga cuaca berubah membaik.

Dari semua sinyal Angin di atas biasanya akan diikuti pula dengan sinyal hujan yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan.

1. Amber atau Sinyal Hujan berwarna  Kuning

Sinyal hujan badai kuning ini berarti menandakan hujan lebat telah turun atau diperkirakan akan terus turun secara meluas di wilayah Hong Kong, melebihi 30 milimeter dalam satu jam, dan kemungkinan akan awet.

Sinyal AMBER ini juga memberi peringatan tentang datangnya hujan lebat potensial yang dapat berkembang menjadi sinyal RED atau BLACK. Akan terjadi banjir di beberapa daerah dataran rendah dan daerah lembab.

2. Sinyal Hujan berwarna Merah (RED)

Sinyal hujan badai merah berarti menandakan Hujan lebat telah turun atau diperkirakan akan turun secara umum di Hong Kong, melebihi 50 milimeter dalam satu jam, dan kemungkinan akan berlanjut dan berlangsung cukup lama.

Sinyal RED memberi peringatan tentang hujan lebat potensial yang dapat berkembang menjadi sinyal BLACK. Semua siswa  yang sedang bersekolah di Hong Kong harus tetap berada di sekolah kecuali ada risiko yang terlihat untuk tinggal di gedung sekolahan mereka. Jika masih di rumah, semua siswa harus tinggal di rumah sampai mendapat pemberitahuan lebih lanjut perlu dan tidaknya berangkat sekolah. Semua orang harus memperhatikan dan memantau pengumuman melalui TV dan radio.

3. Sinyal rainstorm HITAM


Sinyal ini menandakan hujan lebat telah turun atau diperkirakan akan turun secara meluas di Hong Kong, melebihi 70 milimeter dalam satu jam, dan kemungkinan akan berlanjut dalam jangka waktu cukup lama.

Ketika sinyal BLACK dikeluarkan, transportasi di Hong Kong akan macet. Sekolah tidak akan meliburkan siswa kecuali jika ada risiko yang terlihat untuk tinggal di sekolah, dan setiap orang dianjurkan untuk segera berlindung.

Bus dan bentuk transportasi umum lainnya mungkin akan terhenti setelah beberapa saat sinyal tersebut diumumkan agar para penumpang bisa pulang. Hal ini tergantung pada permintaan dan tingkat risiko di sepanjang rute. Layanan MTR akan dibatasi atau ditangguhkan karena risiko banjir.

Hal penting yang perlu Sobat Migran Pos perhatikan bahwa pengumuman sinyal cuaca biasanya berupa kombinasi; sinyal angin, sinyal hujan, sinyal petir, dan suhu udara. Kombinasi dari semua sinyal itulah yang menentukan seberapa buruk cuaca, bisa jadi sinyal angin hanya T1 tapi sinyal hujan berwarna hitam disertai sinyal petir, ini pun bisa berarti sangat berbahaya.

Yang lebih penting dari semua sinyal itu adalah bagaimana Sobat Migran Pos menyikapinya terutama jika cuaca sedang buruk pada hari yang ternyata hari libur Anda.

1. Jangan memaksakan diri untuk keluar rumah dan hindari beraktivitas di luar ruangan yang bisa dipengaruhi cuaca dan berbahaya, misalnya hiking/ mendaki gunung, main di pantai, dll.

2. Ingat baik-baik bahwa kecelakaan pada hari libur Anda sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT) Migran tidak dilindungi asuransi. Dan tentunya menjadi tanggung jawab Anda pribadi.

3. Jika tidak memungkinkan untuk tetap berada di rumah majikan, Anda bisa pergi ke balkon atau lobi rumah atau ruang-ruang publik lainnya yang sekiranya bisa menjadi tempat berlindung.


News Feed