by

10 Kuliner Jalanan Khas Hong Kong yang Wajib Anda Coba

Hong Kong merupakan kota bertaraf  internasional yang penduduknya sangat majemuk. Oleh karena itu, kota yang terkenal dengan pemandangan gedung-gedung pencakar langit ini tidak hanya memiliki tempat-tempat wisata terkenal untuk dikunjungi, tapi juga mempunyai beragam kuliner yang wajib untuk dicoba.

Kali ini, Migran Pos merangkum beberapa jajanan murah yang tersedia di jalan-jalan kota Hong Kong yang tidak boleh Anda lewatkan jika sedang berada di kota ini.

  1. Somay

Somay atau dalam bahasa Kanton disebut Siumaii adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung dan daging yang dibungkus oleh kulit pangsit berukuran kecil-kecil, yang dimasak dengan cara dikukus.

Siumaii berada di urutan pertama, sebab ia memiliki sejarah yang panjang. Siumaii diperkirakan telah ada sejak jaman antara Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Hingga saaa ini, telah banyak bermunculan variasinya dalam penyajiannya, dari campuran daging sapi, babi, ayam, ikan dan sayuran.

Untuk Siiumai yang dijual di toko-toko di pinggir jalan, biasanya merupakan versi campuran antara daging dan ikan. Anda bisa membelinya dengan wadah mangkuk atau memilih ditusuk seperti sate, kemudian dimakan dengan bumbu kecap asin atau minyak pedas sesuai selera Anda

2. Bola-bola Ikan

Bola-bola ikan ini hampir seperti Siumaii, terbuat dari tepung dan daging ikan juga. Namun bola-bola ikan tidak dibungkus dengan kulit pangsit dan hanya digoreng dalam minyak panas, kemudian direbus dalam saus kari yang lezat dan pedas sebelum disajikan. Biasanya ada juga toko yang membolehkan Anda menusuk bola ikan langsung dari kuali, jadi jangan ragu untuk bertanya pada penjualnya.

3. Waflle

Camilan manis ini terbuat dari campuran sederhana berupa telur, tepung, gula, dan susu yang digoreng di dalam wafel iron (cetakan wafel). Stekstur dan rasanya seperti pancake. Disebut Waffle, karena bentuknya yang kotak-kotak menyerupai biskuit wafer.

Untuk cara menikmati Waffle, Anda bisa menambahkan buah-buahan, es krim, atau saus cokelat. Menaburi dengan bubuk gula atau susu bubuk, atau juga bisa hanya dengan toping sedikit susu kental, Nutella, selai kacang atau selai buah.

4. Jeroan Sapi

Warga Hong Kong juga memiliki makanan khas yang sebagian orang mungkin akan merasa jijik menyantapnya. Jeroan sapi: paru-paru, hati, babat, usus, yang memiliki rasa unik tersebut biasanya cara pengolahannya dicampur dengan paprika atau lobak yang direbus hingga lunak dalam rendaman berbahan dasar kedelai dan tambahan berbagai rempah-rempah. 

5. Cheong Fen

Cheong Fen adalah gulungan berbentuk panjang menyerupai usus yang terbuat dari tepung beras. Dalam penyajiannya Cheong Fen akan dipotong-potong seukuran jari kelingking. Kemudian ditambahkan dengan saus manis, wijen, saus kacang, dan kecap asin secukupnya. Menyantapnya saat masih panas-panasnya di musim dingin merupakan momen yang tepat.

6.Telur Kecil

Camilan yang dalam bahasa kanton sering disebut Gai Daan Zai’ / Kaitan Cai atau Eggettes dalam bahasa inggris ini tergolong sangat populer. Adonannya dibuat dari tepung, bubuk puding, telur, dan susu yang kemudian dimasukkan ke dalam waffle iron berbentuk bulat-bulat kecil dan lesung selama satu atau dua menit. Tekstur dari camilan ini renyah di luar, lembut di dalam. 

Seiring semakin tenarnya makanan ringan ini, para penjualnya mesti mencari inovasi untuk bersaing dengan penjual lain. Hingga hadirlah bermacam-macam variasi rasa Gai Daan Zai, dari mulai rasa kelapa, talas, kare, coklat, bahkan ada rasa teh hijau dan sayuran.

 7. Tahu Busuk

Terlepas dari baunya yang menyengat seperti bau busuk. Tahu Busuk adalah salah satu camilan paling lezat yang bisa Anda temukan di jalan-jalan Hong Kong. Bau busuk tahu tersebut tercipta dari proses fermentasi yang panjang. Cara pengolahannya hanya digoreng dan biasanya disajikan dengan saus cabai. Lapisan luarnya garing dan berwarna cokat keemasan, namun di bagian dalamnya sangat lembut. Jika Anda bisa tahan pada baunya, camilan ini sangat enak dan pasti akan menyenangkan jika Anda bisa mencobanya.

8. Tentakel Cumi Bakar

Makanan ini memang terdengar aneh, tentakel sangat jarang disantap secara terpisah dari tubuh cumi-cumi. Namun di Hong Kong makanan ini sangat digemari.

Tentakel-tentakel itu dipanggang hingga bertekstur kenyal. Dan yang membuat camilan ini sangat khas, dalam penyajiannya bisa diolesi dengan saus teriyaki, madu, barbecue atau minyak pedas.

9. Tiga Harta Karun (Three Treasure)

Sebagaimana namanya, camilan ini berupa gorengan yang bermacam-macam. Anda bisa memilih sendiri tiga jenis gorengan apa yang ingin Anda beli untuk mendapatkan harga yang lebih murah. “Three Treasure” yang paling populer berupa paprika hijau, terong dan sosis merah yang diiris. Tahu yang digoreng dengan diisi daging ikan dan kulit ikan yang sudah digiling halus juga biasanya banyak menjadi pilihan. 

10. Ubi Jalar Panggang

Ubi yang dijual di gerobak keliling ini biasanya bisa ditemukan di dekat pintu keluar MTR atau persimpangan dan tempat-tempat keramaian. Selain Ubi Jalar, biasanya penjual juga menjual chestnut, telur ayam, telur puyuh yang digoreng dengan arang dan pasir. Camilan tradisional ini adalah camilan populer yang biasanya lebih sering muncul pada musim dingin. Untuk saat ini hanya ada beberapa pedagang yang tersisa di Hong Kong.

Makanan ini akan mudah dikenali, karena mereka mengeluarkan aroma berbeda dan awan asap yang terlihat dari kejauhan.

Selain mudah ditemukan, 10 jajanan di atas harganya sangatlah terjangkau. Jadi, jika Anda sedang berada di Hong Kong, pastikan Anda tidak melawatkan untuk menikmatinya. Tapi yang perlu Anda ingat, toko-toko penjual makanan ini seringkali tidak menyediakan tempat duduk. Sehingga mengharuskan Anda untuk makan sambil berdiri atau bisa juga menikmati makanan tersebut dengan berjalan.

News Feed