by

Dua Agen Perekrutan Terbesar PRT Migran Filipina Hapus Biaya Penempatan

Dua dari agen penyalur jasa tenaga kerja terbesar di Hong Kong telah bertemu pada 2 Juni 2019 lalu, untuk menandatangani Kode Etik yang bertujuan untuk mengatur praktik perekrutan pekerja rumah tangga (PRT) Migran Filipina.

Dilaporkan oleh Expat Readers, Kepala Asosiasi Agen Tenaga Kerja Hong Kong (AHKMA) serta Lembaga Perekrut Terakreditasi dari Hong Kong dan Filipina (SHARP) bergabung dalam penyusunan prinsip-prinsip umum tentang perekrutan yang adil sebagaimana dinyatakan dalam Organisasi Perburuhan Internasional.

Berikut adalah ketentuan yang tercantum dalam perjanjian atau CoC tersebut:

  1. Kedua Agen mematuhi hukum Filipina dan Hong Kong.
  2. Komitmen untuk tidak pernah membebani pekerja dengan biaya rekrutmen apa pun kecuali untuk pelatihan keterampilan dan pemeriksaan medis yang harus berjumlah “wajar”.
  3. Syarat dan ketentuan kontrak pekerja harus transparan.
  4. Menghormati hak-hak setiap pekerja serta kesehatan dan keselamatan mereka yang mencakup janji untuk tidak pernah menahan kontrak kerja dan paspor mereka serta membantu mereka ketika dianggap diperlukan.
  5. Non-diskriminasi dan perlakuan manusiawi harus diterapkan.
  6. Layanan berkualitas tinggi
  7. Akses pekerja ke mekanisme pemulihan dan pengaduan

Prosedur implementasi dan pemantauan Meskipun CoC sifatnya tidak mengikat, kedua agen perekrutan berjanji untuk mendengar keluhan dan memberhentikan keanggotaan jika diperlukan. Kedua lembaga tersebut mengadakan perjanjian dengan tujuan untuk menunjukkan prinsip integritas dan komitmen tertinggi, praktik bisnis yang adil dan etis serta profesionalisme.

News Feed