by

MOM Tanggapi Postingan Viral Tentang Kondisi Tinggal PRT Migran Singapura

Kementerian Tenaga Kerja Singapura (MOM) yang mengetahui adanya pos Facebook dari pekerja rumah tangga (PRT) migran yang mengklaim bahwa majikannya telah memberinya tempat tidur yang tidak nyaman, langsung melakukan investigasi dan menyatakan bahwa PRT asal Filipina tersebut dalam keadaan baik-baik saja, Kamis (30/5/2019).

Dilansir The Independent, telah beredar secara viral foto yang diposting PRT Migran yang hanya memperlihatkan sebagian dari kamarnya dengan disertai caption dalam bahasa Tagalog,

“Selamat pagi, apakah tidak masalah kalau kamarmu seperti ini? Jika kamarmu ada di bawah kamar mandi atau jika kamu bangun, maka atap kamarmu akan memukul kepalamu. Apa yang harus saya lakukan?”

Foto: Screen Capture/The Independent Singapore

Postingan tersebut disertai dengan gambar ruang yang sangat sempit, hampir tidak cukup untuk memenuhi setengah panjang kasur. Tepat di atas ruang tidurnya juga terlihat ada banyak pipa, dan sebuah jendela, yang menurut pengunggah foto itu adalah pipa kamar mandi.

Dari foto-foto itu, tidak tampak seolah-olah ruang tidurnya berada di kamar yang sebenarnya, lebih tepatnya seperti berada di sebuah ceruk kecil di belakang rumah. Terlihat penghuninya nyaris tidak terlindungi dari elemen jika bukan karena serangkaian tirai.

Menurut MOM, apa yang tidak ditampilkan dalam foto-foto itu adalah bagian lain ruangan di mana masih ada ruang yang cukup bagi PRT untuk mengatur ulang kasur.

MOM telah memeriksa kamar pribadi PRT Migran tersebut pada tanggal 29 Mei 2019 dan menemukan bahwa kamarnya menyediakan ruang yang cukup baginya untuk tidur dengan nyaman.

Menurut MOM, ketika diwawancarai, PRT Migran yang sempat membuat heboh netizen tersebut mengatakan bahwa dia tidak menghadapi masalah ketenagakerjaan atau kesejahteraan dan merasa senang bekerja untuk keluarga majikannya.

Kementerian Tenaga Kerja Singapura menyatakan bahwa akomodasi Pekerja Rumah Tangga Migran (FDW) harus melindunginya dari unsur-unsur lingkungan seperti matahari, hujan, atau angin kencang. Majikan harus menyediakan kasur, bantal, selimut, perlengkapan kamar mandi, dan perlengkapan mandi kepada PRT mereka secara minimal.

Akomodasi PRT Migran harus berventilasi cukup. Ventilasi mekanis (misalnya Kipas listrik) harus disediakan jika ventilasi alami tidak memadai. Persyaratan tersebut juga berlaku bagi PRT Migran sehingga tidak boleh tidur di dekat peralatan atau struktur berbahaya yang berpotensi menyebabkan bahaya atau cedera padanya.

PRT juga harus diberi ruang terpisah. Jika itu tidak memungkinkan, majikan harus memastikan bahwa akomodasi miliknya memiliki ruang dan privasi yang memadai.

News Feed