by

Akan Daftarkan Gugatan Hasil Pilpres Hari ini, Sandiaga Minta Pendukung Bersabar

Gugatan hasil Pilpres 2019 yang akan dilakukan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang dijadwalkan kemarin, diudur menjadi hari ini, Jumat (24/5/2019). Perihal pendaftaran guugatan ini disampaikan oleh Calon Wakil Presiden 02 Sandiaga Uno.

“Pagi ini kami telah menyiapkan beberapa dokumentasi yang rencananya menjadi bagian daripada kesiapan proses untuk memasukkan gugatan sengketa pilpres dan upaya-upaya hukum yang tentunya dalam langkah-langkah kita mengupayakan proses-proses,” ucap Sandiaga kepada wartawan di Jalan Sriwijaya Raya, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2019).

Diansir oleh detik.com, rencananya, gugatan itu akan dimasukkan oleh Koalisi Indonesia Adil dan Makmur pukul 14.00 WIB ke MK. Sandi berharap masyarakat sabar dan tidak melakukan tindakan melawan hukum saat menunggu gugatan MK.

“Juga mengimbau masyarakat untuk sabar menanti proses masuknya gugatan ini di MK,” ucap Sandiaga. 

Sementara itu, Mahkamah Konstitusi mengatakan, hari ini Jumat (24/5/2019) merupakan kesempatan terakhir untuk medaftrakan gugatan hasil pilpres 2019, sampai tengah malam nanti.

“Tenggat waktu untuk pilpres kan sampai Jumat puku 24.00 WIB,” ujar Juru Bicara MK Fajar Laksono di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (23/5/2019), diutip dari kompas.com.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden yang ingin mengajukan gugatan harus membawa permohonan dan alat bukti sebagai syarat.

Peserta pemilu harus membuat permohonan tertulis rangkap 4 yang isinya adalah identitas pemohon, surat kuasa, uraian mengenai kewenangan MK, kedudukan hukum, tenggat waktu pengajuan permohonan, posita gugatan, dan petitum. Posita berisi mengenai hal apa yang dipersoalkan, sedangkan petitum berisi tuntutan apa yang diminta.

Selain itu, alat bukti juga harus dibawa pada saat pendaftaran. Adapun, hari ini rencananya paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan memasukan gugatannya ke MK.

News Feed