by

Satu Meninggal, Dua Sakit, Akibat Hepatitis ‘Tikus’

Pejabat kesehatan Hong Kong mengumumkan bahwa pihaknya sedang menyelidiki kasus penyebaran penyakit Hepatitis E melalui perantara tikus setelah tiga pria lanjut usia dinyatakan mengidap jenis hepatitis E yang biasanya terkait dengan tikus, Selasa (14/5/2019).

Dilansir RTHK, seorang pria berusia 74 tahun dari Tuen Mun meninggal dan dua lelaki lainnya, yang masing-masing berusia 67 tahun dan 81 tahun, dikatakan dalam kondisi stabil. Tak satu pun dari mereka melaporkan pernah melakukan kontak dengan tikus.

Strain hepatitis E yang biasanya ada pada tikus, sebelumnya oleh para ilmuwan dianggap tidak bisa mempengaruhi manusia, hingga dua warga Hong Kong mengidapnya pada tahun lalu.

“Berdasarkan informasi epidemiologis yang tersedia, sumber dan rute infeksi tidak dapat ditentukan. Investigasi sedang berlangsung,” kata juru bicara Pusat Perlindungan Kesehatan seperti dikutip RTHK, Selasa (14/5/2019).

Pada bulan September 2019, para pejabat mengungkapkan bahwa seorang pasien transplantasi hati berusia 56 tahun telah terinfeksi strain hepatitis E. Diduga tertular tikus yang tinggal di dekat ruang sampah di Choi Wan Estate yang memang sarang tikus.

Para ahli medis percaya bahwa kasus tersebut adalah kasus pertama dari jenisnya di dunia karena sebelumnya diperkirakan bahwa hepatitis E tidak dapat berpindah dari tikus ke manusia

News Feed