by

Menikmati 360° Panorama Negeri Bauhinia dari Tempat Tertinggi Hong Kong

Salah satu destinasi wisata terkenal dan ramah muslim di Hong Kong adalah Sky100. Dek observasi yang terletak di lantai 100 gedung International Commerce Centre (ICC), West Kowloon, ini merupakan salah satu dari 10 gedung pencakar langit tertinggi di dunia.

Foto: Istimewa/google

Sky 100 banyak dikunjungi wisatawan baik lokal pun dari manca karen menawarkan pemandangan spektakuler hampir keseluruhan Hong Kong. Panorama 360 derajat yang bisa dilihat dari tempat ini mencakup Victoria Harbour yang terkenal dengan amazing skyline-nya, Hong Kong Island, Kowloon Peninsula dan Tai Mo Shan sebagai latar belakang yang menawan.

Berada di ketinggian 393 meter di atas permukaan laut atau 2 lantai dibawah hotel bintang 5 Ritz-Carlton Hong Kong, selain bisa menikmati pemandangan kota Hong Kong dari ketinggian, pengunjung juga bisa merasakan bagaimana menggunakan lift berkecepatan paling tinggi di Hong Kong, kecepatannya seperti menerobos lorong waktu.

Untuk menuju Sky 100 dari lantai 2 gedung ke lantai 100, lift tersebut hanya membutuhkan waktu 60 detik. Sebagai tempat wisata ramah Muslim, selain bisa bersantai menyantap hidangan halal dan menu khas Hong Kong di Cafe 100 yang berlokasi di bagian barat dek, pengunjung juga tidak perlu meninggalkan gedung untuk menjalankan ibadah 5 waktu. Di dalam dek juga tersedia area beribadah untuk Muslim.

fasilitas ibadah di Sky 100. Foto; Istimewa/Google

Di Sky100 pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman menyaksikan Hong Kong menggunakan teknologi VR (Visual Reality) lengkap yang membuat pengunjung seolah sedang terbang dan menyaksikan Hong Kong dengan mata telanjang. Selain itu para pengunjung juga bisa mencoba beberapa stand seperti teleskop canggih, photo booth, pengiriman kartu pos, toko oleh-oleh dan berpose dengan latar 3D Hong Kong Skyline, ICC dan mini ICC dengan menginstal aplikasi Sky100.

Foto: Istimewa/google

“Pemandangannya bagus banget, lebih bagus dari Balai Observasi di The Peak, dan dari sini kelihatan jelas struktur kotanya. Sekarang aku jadi nggak heran kenapa Hong Kong disebut sebagai Negeri Beton,” kata Titin, salah seorang pekerja migran Indonesia (PMI) yang sedang berkunjung di Sky kepada Migran Pos, Minggu (12/5/2019).

Agar bisa mendapatkan pemandangan Indah yang maksimal, untuk mengunjungi Sky 100 yang dibuka pertama kali pada 17 April 2011 ini pengunjung disarankan memeriksa dan memperhatikan prakiraan cuaca Hong Kong yang selalu diperbarui. Atau sebelum membeli tiket dan naik, pengunjung bisa memeriksa dari televisi di bawah gedung yang menunjukkan pemandangan Hong Kong dari Sky 100 saat itu. Sky100 yang beralamat di 100/F, 1 Austin Road, West Kowloon sangat mudah untuk dijangkau.

Dengan naik MTR, pengunjung bisa turun di Kowloon Station, keluar di exit C menuju mall Elements dan mengikuti papan petunjuk tersedia. Atau bisa juga turun di stasiun MTR Austin, keluar di exit D1 atau D2 dan berjalan dengan mengikuti tanda petunjuk. Harga tiket untuk pengunjung dewasa berkisar HKD 188 dan untuk anak-anak dan lansia adalah HKD 128. Bagi yang berulang tahun, akan mendapat tiket komplementari GRATIS di pekan ulang tahun (Senin sampai dengan Minggu) dengan mengajak satu teman yang akan mendapatkan diskon pembelian tiket sebesar 70% (hanya seharga HKD 131) dengan menunjukan HKID Card.

Selain dibeli di loket langsung, tiket bisa dipesan di laman resmi Sky 100 dengan harga lebih murah 10% dari harga normal. Bagi yang berminat, Sky100 dapat dikunjungi pada Minggu hingga Kamis, dari pukul 10.00 pagi hingga 21.00 malam, dan Jumat hingga Sabtu dari pukul 10.00 hingga 22.30. J

ika ada perubahan jam operasi pada event tertentu, pihak Sky 100 akan mempublikasikan pemberitahuan lebih dahulu di situs resminya.

News Feed