by

Tradisi Menyambut Ramadhan di Kampung Halaman

Salah satu aspek kebudyaan para penganut agama islam di Indonesia, adalah pratek ke-islam-an mereka terintegrasi dengan kearifan lokal di daerahnya. Termasuk tradisi menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Berikut Migran Pos mencoba merangkum beberapa tradisi yang biasanya dilakukan menjelang bulan Ramadhan

Nyadaran / Nyekar: Adalah tradisi yang biasa dilakukan di beberapa daerah di Pulau Jawa, dimana keluarga yang masih hidup mengunjunggi makam sanak-saudara yang telah meninggal, untuk membersihkan makam, mendoakan dan ada pula yang menambur bunga.

Tradisi Nyekar. Foto: PMII Pacitan/Via Google

Munggahan: Adalah tradisi masyarakat Islam suku Sunda. Bentuk pelaksanaanya bervariasi, umumnya berkumpul bersama keluarga dan keraba, makan bersama, saling memaafkan dan berdoa bersama. Selain itu, ada pula yang mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, berziarah orang tua atau tokoh agama.

Tradisi Munggahan. Foto: Istimewa/Nusantaranews

Padusan: Adalah tradisi yang biasanya dilakukan masyarakat Boyolali dan beberapa daerah di Jawa untuk menyucikan diri, dengan cara mandi atau berendam di laut, atau sumber-sumber air yang dianggap keramat.

Tradisi Padusan. Foto: Istimewa/Google

Nyorog  : Adalah tradisi masyarat Betawi dan beberpa daerah lainya, tradisi ini berupa membagikan bingkisan seperti makanan mentah, gula, kopi, dan semacamnya kepada sanak – saudara. Terkadang bingkisan itu berupa makanan matang, dengan beberapa makanan khas dan dimasukan ke dalam rantang.

Tradisi Nyorog masyarakat Betawi. Foto: blog Kulo

Malamang:  Adalah tradisi nenek moyang masyarakat Sumatera Barat yang dilakukan oleh kaum ibu, yang beramai-ramai membuat lamang yang terbuat dari beras ketan yang dicampur santan kelapa, kemudian dimasak dalam selongsong bambu setelah sebelumya digulung dengan selembar daun pisang.

Tradisi Malamang masyarakat Sumatra Barat. Foto: KinciaKincia.com

Ziarah Kubro: adalah tradisi yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Palembang,  melakukan ziarah ke makam-makam leluhur dan juga ulama di Kawah Tengkurep tempat para leluhur dan ulama dimakamkan.

Tradisi Ziarah Kubro di Palembang. Foto: Traveler Kompas

Itulah beberapa tradisi yang biasanya dirindukan ketika menjelang Ramadhan.  Seperti yang dirasakan oleh Mesiah, Pekerja Migran Indonesia (PMI)  asal Madiun yang sudah bekerja di Hong Kong sejak tahun 2000, hal yang paling dirindukan adalah Nyekar dan Nyorog.

Bagaimana dengan kamu?

News Feed