by

Peringati Hari Jadi, BPJW Adakan Lomba Fashion dan Puisi Kartini

Dalam rangka memperingati hari jadi yang pertama, BPJW (Barisan Pendukung Joko Widodo) Hong Kong mengadakan lomba fashion dan puisi dengan tema “Kartini modern, Kartini pembangun generasi” di tenda putih atas, Causeway Bay, Minggu (28/4/2019).

“Biasanya kalau milad cuma potong tumpeng itu sudah biasa, karena masih sekitar hari Kartini, maka kita adakan lomba Kartinian tujuannya memupuk tali silaturahmi antar PMI.” kata Ayumi ketua BPJW Hong Kong, Minggu (28/4/2019).

Para peserta lomba dan penyelenggara foto bersama seusai perlombaan. Foto: Heni Wulandari/Migran Pos

Ada dua macam perlombaan yaitu lomba Fashion Kartini dan lomba Baca Puisi. Peserta dari berbagai organisasi maupun individu, masing-masing berpose, menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Kartini dan berdeklamasi bagi peserta lomba baca puisi untuk menunjukkan kemampuanya di depan dewan juri.

“Peserta Fashion Show ada 25 orang, puisi 15 orang. Kita mengundang teman-teman PMI dari berbagai organisasi dan tidak ikut organisasi pun boleh ikut” imbuh Ayumi.

Lomba Fashion Kartini dimenangkan oleh Ismawati dari perorangan, juara dua Sunarsih dari SIMAC dan juara tiga, Killa dari EMJI. Sedangkan lomba Baca Puisi juara pertama, Killa dri EMJI, juara dua Yuni Azra dari KPHK
dan juara tiga Musripah dari BPJW.

Peserta baca puisi membacakan karya puisinya tentang Kartini di depan dewan juri. Foto: Heni Wulandari/Migran Pos

Menanggapi kegiatan ini, Bernard Hutabarat, Ketua DPLN PDI Perjuangan yang juga hadir menyaksikan berlangsungnya perlombaan memberikan komentar bahwa pekerja migran wanita Indonesia adalah pejuang wanita sesungguhnya di era sekarang ini.

“Kegiatan ini, sesuatu yang membuat kita harus mengingat memori tentang RA Kartini, pahlawan emansipasi wanita sebagai motor penggerak daya juang untuk lebih maju. Mereka [Peserta] tenaga kerja wanita, juga sebagai istri dan ibu untuk kesejahteraan tidak hanya bagi keluarga, namun juga untuk masyarakat luas untuk bangsa dan negara Indonesia”, kata Bernard, Minggu (28/4/2019).

News Feed