by

5 dari 15 Merk Tisu Dapur di Hong Kong ditemukan Mengandung Bakteria

Yayasan konsumen Hong Kong menemukan jumlah kandungan bakteria yang melebihi batas standarisasi pada sebagian merk tisu dapur, Senin (15/4/2019).

Pimpinan Departemen bagian riset dan komite pengujian, Professor Nora Tam Fung -Yee menjelaskan bahwa jumlah bakteria pada 5 merk tersebut melebihi standar ketetapan Tiongkok. Yaitu 200 unit pembentuk koloni per-gram (cfu/g), dengan angka berkisar antara 240 hingga 1.000 cfu/g.

Kelima merk tersebut antara lain; First Choice Premium Multi-Purpose KitchenTowel dengan jumlah bakteria hingga 1.000 cfu/g. Disusul oleh Select Kitchen Towel, Naxos Kitchen Towel, Bestbuy Kitchen Towel, dan Freesia Kitchen Towel.

“Kertas tisu bukanlah produk keseharian yang diproduksi melalui proses aseptik, tingkat kebersihannya harus menjadi perhatian konsumen” kata Tam sebagaimana dilansir oleh South China Morning Post.

“Jumlah bakteria yang terlalu tinggi bisa berbahaya bagi kesehatan, karena bakteria tersebut bisa mengakibatkan kontaminasi bakteria pada makanan. Mereka yang memiliki sistem imune yang rendah hendaknya lebih waspada”. Tam menambahkan

Dengan adanya temuan ini pihak pengamat dari Yayasan Konsumen Hong Kong menghimbau agar warga lebih teliti dalam memilih serta menggunakan tisu dapur mengingat barang ini merupakan salah satu kebutuhan penting dalam rumah tangga di Hong Kong.

Pihak Yayasan juga menyarankan agar konsumen memilih produk yang telah mendapatkan sertifikasi dari Badan Keamanan Pangan. Selain itu mereka juga menyarankan agar tidak menggunakan kembali kertas yang telah terpakai serta membuangnya.

Hal ini gunamencegah bakteria penyebaran bakteria. Kertas tisu dapur baru hendaknya disimpan pada tempat yang bersih dan tidak lembab, sementara untuk produk yang telah dibuka harus dijauhkan dari wastafel dan konter dapur tempat menyiapkan makanan mentah.

Untuk saat ini pihak Yayasan telah melaporkan penemuan ini ke Departemen Bea Cukai untuk ditindak Lanjuti.

News Feed