by

Persaingan Untuk Masuk Sekolah Menengah yang Menggunakan Bahasa Inggris Sangat Ketat

Proses seleksi untuk Sekolah Menengah di Hong Kong akan segera dimulai. Biro Pendidikan mendistribusikan “Daftar Sekolah Menengah” untuk Sistem Alokasi Tempat Sekolah Menengah 2017/19, Senin (8/4/2019).

Menurut yang dilansir on.cc.hk persaingan untuk mendapatkan sekolah menengah bahasa Inggris memanas, dengan rasio siswa yang bersaing untuk mendapatkan tempat naik dari 5 siswa di tahun 2017 menjadi 5,5 untuk tahun ini.

Biro Pendidikan mengatakan orang tua yang anak-anaknya bergabung dengan Sistem Alokasi Tempat Sekolah Menengah untuk tahun depan akan segera menerima dokumen tentang pilihan sekolah agar bisa segera menentukan pilihan.

Jumlah siswa yang akan mendaftar diperkirakan akan mencapai 55.000 enam siswa. Peningkatan yang cukup tinggi dibanding sebelumnya yang hanya 35000 siswa akan menimbulkan persaingan yang cukup berat meski jumlah tempat sekolah menengah bahasa Inggris telah bertambah menjadi 10.033 dari sebelumnya yang berjumlah 9.883.

Persaingan paling berat ada di Distrik Kepulauan karena akan ada 44 siswa yang bersaing untuk memperebutkan 1 bangku.

Teddy Tang Chun-keung, ketua Asosiasi Kepala Sekolah Menengah Hong Kong, mengatakan kompetisi yang sangat ketat juga terjadi di beberapa distrik seperti Tai Po dan Yuen Long, sekolah bahkan harus memperkenalkan kelas tambahan.

Namun, ia menekankan bahwa ini mungkin tidak selalu terjadi di sekolah-sekolah bahasa Inggris di distrik-distrik. “Sekolah-sekolah yang memperkenalkan kelas tambahan, sebagian besar dari kelas-kelas itu tidak akan menjadi kelas bahasa Inggris, sementara beberapa sekolah bahasa Inggris tidak menambahkan kelas tambahan,” kata Teddy seperti dikutip The Standard, Senin (8/4/2019).

News Feed