by

Korea Selatan Butuh 7000 PMI untuk tahun 2019

Pemerintah Korea Selatan membuka kesempatan kerja bagi 7000 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk tahun 2019. Kuota untuk PMI itu diperuntukan dalam program penempatan G to G (antar pemerintah).

Deputi Penempatan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Teguh Hendro Cahyono, mengatakan dalam kloter penempatan ke 11 ini, PMI yang diberangkatkan berjumlah 190 orang. Dari jumlah tersebut 109 PMI akan beekrja di bidang manufaktur dan 81 lainya di bidang perikanan.

“Indonesia mendapatkan kuota penempatan PMI yang cukup banyak karena memiliki kualitas dan etos kerja yang baik,” ungkap Teguh dalam sambutannya dalam acara Pelepasan Pemberangkatan PMI Program G to G ke Korea Selatan, di Gedung Korea-Indoensia Technical and Cultural Cooperation Center (KITCC), CIracas, Jakarta Timur, Senin (18/3/2019).

Tidak hanya dari satu daerah saja, rombongan PMI kali ini berasal dari pelbagai daerah di Indoensia.

“190 PMI tersebut berasal dari 48 Kabupaten/Kota, 45 di antaranya berada di Pulau Jawa yang kebanyakan dari Kab. Grobokan, Indramayu, Cilacap, Pati, dan Blitar. Lalu ada 3 orang dari luar Pulau Jawa, yaitu 1 PMI dari Pinrang, Sulawesi Selatan, 1 PMI dari Lampung Selatan, dan 1 PMI dari Lampung Tengah,” tutur Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI, Arini Rahyuwati.

Teguh Hendro Cahyono dengan menyampaikan beberapa pesan, di antaranya adalah jangan berlaku boros agar sekembalinya ke Indonesia, para PMI bisa membuka usaha di daerah asal masing-masing.
 
“Kalian harus ingat tujuan menjadi PMI ke Korea Selatan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, karena itu dari sekarang mulailah merencanakan bentuk usaha apa yang nantinya akan kalian jalankan ketika sudah kembali ke Indonesia,” tambah Teguh.

Hadir pula dalam acara ini Direktur EPS Center Indonesia, Choi Tjung Yun, Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Krishna Syarif, Kasubdit. Pelaksanaan Penempatan BNP2TKI, Dyah Rejekiningrum, serta direktur/perwakilan dari para mitra travel yang akan memberangkatkan para PMI ke Korea Selatan.

News Feed