by

Enrich: Memberdayakan Perempuan Pekerja Migran dengan Pengetahuan

Ratusan Pekerja Rumah Tangga (PRT) migran asal Indonesia dan Filipina di wisuda setelah lulus menyelesaikan pendidikan keuangan dan pengembangan pribadi yang diadakan oleh lembaga bernama Enrich di HKE Connect Hall, Central, Minggu (24/3/2019).

Enrich adalah lembaga amal yang menggalakan pemberdayaan ekonomi bagi PRT migran di Hong Kong sejak tahun 2007, sekitar enam belas ribu PRT tercatat telah mengikuti kelas-kelas yang diadakan Enrich.

Kartika Dewi Rahayu, salah satu peserta wisuda mengatakan kelas yang dikutinya membantu dirinya untuk mengelola pendapatan hasil kerjanya

‘’pembelajaran di Enrich mudah dipahami dan menjadi jawaban bagi sebagian besar permasalahan pekerja migran, biasanya kita mengirim uang langsung banyak ke keluarga dan cepat habis tanpa rincian yang jelas, ketika berniat untuk membuka usaha kita kebingungan dengan dana yang pas-pasan meski sudah bekerja puluhan tahun’’ jelas perempuan asal Surakarta, Indonesia.

Direktur Eksekutif Enrich Lucinda Pike mengatakan dengan memberi pengetahuan mengelola keuangan, PRT migran diharapkan dapat menerapkannya pada kehidupan sehari-hari sehingga keuangan mereka lebih tertata. Dengan demikian, kehidupan pekerja migrant lebih terperinci dan perlahan akan membuat taraf hidupnya meningkat.

Perwakilan KJRI, Konsul Muda konsuler Sari Widita dan Konsul Jenderal Filipina Hon. Antonio Morales memberi ucapan selamat, mendoakan 170 wisudawan agar sukses serta membagi ilmu yang didapat agar manfaatnya juga dirasakan lingkungan sekitar dan mengajak yang belum belajar untuk belajar bersama.

Enrich memberikan 5 kelas pelatihan yang mencangkup kelas mengelola uang dengan bijak, menabung dan bagaimana memilih infestasi yang tepat agar terhindar dari penipuan di HK maupun di Negara asal, bagaimana menghitung modal usaha dengan mempertimbangkan untuk dan ruginya, pengembangan diri agar lebih percaya diri untuk berani berbicara dan mengetahui hak-haknya di HK. Kelas tersedia dalam bahasa Indonesia dan Tagalog.

News Feed